Hardiknas Pertama bersama Keluarga Baru

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah moment haru sepanjang perjalananku selama 12 tahun menjadi seorang guru. Mengapa tidak? Karena di bulan perayaan hari pendidikan nasional ini, aku pindah tugas ke UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat.

UPTD SDN 33 Mendo Barat (Doc. Pribadi)

Berdasarkan SK PPPK Kabupaten Bangka terhitung tanggal 1 Mei 2022, UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat menjadi tempat bertugasku yang baru. Beralamatkan Jalan Gotong Royong Dusun Air Pelempang Desa Air Buluh Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka Prov. Bangka Belitung, sekolah ini aku tempuh dengan jarak 54 km dari tempat tinggalku di Sungailiat. Jadi, setiap hari aku menempuh jarak 108 km pergi dan pulang sekolah selama kurang lebih 1,5 jam dengan sepeda motor. Hmm.....

Wooow....moment bersejarah dalam hidupku karena untuk pertama kali harus menempuh jarak 100an km setiap hari untuk menjalankan tugas sebagai seorang guru kelas. Aku berangkat dari tempat tinggalku di Kec. Pemali Kab. Bangka, melewati Kota Pangkalpinang dan Kab. Bangka Tengah untuk sampai di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat. Suasana ramainya kota pangkalpinang dan sejuk udara desa pagi hari selalu aku nikmati di setiap perjalananku menuju sekolah.

Senin / 9 Mei 2022 menjadi hari pertama ke sekolah setelah libur hari raya Idul Fitri 1443 H. Rasa bahagia, haru, dan gugup campur jadi satu memikirkan kesan pertama yang akan aku dapatkan ketika berada di sana. Subhanallah...sambutan yang begitu hangat dan ramah dari kepala sekolah, rekan-rekan guru juga pegawai sekolah. Bahkan hari pertamaku di sekolah, kami bersilaturahmi ke salah satu rumah rekan sekolah dengan jamuan bakso enak buatannya. Mantaaap........

Tema Hari Pendidikan Nasional yang diusung oleh Kemendikbud Ristek tahun 2022, "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar". Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di Indonesia terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran saat pandemi mengguncang selama 2 tahun ini. Artinya, ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar jauh lebih baik. 

Harapan pemulihan pendidikan di Indonesia melalui kebijakan merdeka belajar ini selalu menjadi prioritas pemerintah untuk memperbaiki hilangnya esensial sekolah bagi anak-anak Indonesia. Masa emas anak di sekolah harus dikembalikan selayaknya kebahagian masa anak mereka. 

Tidak ada pihak manapun yang dapat merampas masa ini bahkan oleh kita orang tuanya dan juga gurunya. Selain itu, hak merdeka belajar bukan hanya milik anak yang tinggal di perkotaan, namun juga menjadi hak anak yang tinggal di desa/perbatasan wilayah. Pastinya..ini menjadi hak untuk seluruh anak Indonesia. 

Tugas baru telah menanti di sini, sebuah sekolah dengan kesederhanaan, ramah tamah, dan kental akan kearifan lokal daerahnya. Besar harapanku dapat berkolaborasi bersama rekan-rekan, anak-anak dan masyarakat desa dalam keluarga baru ini. Semoga di Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 bisa dirasakan lebih bermakna untuk setiap sekolah di seluruh tanah air tercinta, Indonesia.

Salam bahagia dan semangat belajar untuk kita semua...


*Artikel ini juga telah tayang di:

https://mathsyagilsa.blogspot.com/2022/05/hardiknas-pertama-bersama-keluarga-baru.html?m=1 

dan 

https://www.kompasiana.com/lisasya/6280cb19bb448612a1152a02/hardiknas-pertama-bersama-keluarga-baru



0 Komentar